jadwal pasola sumba 2016

Pasola merupakan ritual tahunan yang diselenggarakan satu kali dalam satu tahun sebagai ungkapan syukur dan persembahan kepada para Marapu (Sumbanesse God/ Ancestors) yang ditandai dengan hadirnya cacing Nyale (Annelida dan Palolo virdis) hadir di pinggir laut sekitar wilayah pasola guna mendapat panen yang melimpah di masa yang akan datang.

Nyale Sumba

Nyale Sumba

Pasola di sumba dilaksanakan hanya di 3 kecamatan yaitu kecamatan Kodi, kecamatan Lamboya dan kecamatan Wanukaka. Berikut merupakan jadwal pasola yang diperoleh dari berbagai sumber:

Pasola Lamboya (kabupaten Sumba Barat): tanggal 02 februari 2016

Pasola Kodi (kabupaten Sumba Barat Daya): tanggal 26 dan 27 Februari 2016

Pasola Wanukaka (kabupaten Sumba Barat): antara tangggal 29 februari 2016

 

 

 

 

catatan: jadwal pasola ditentukan oleh Rato (tokoh adat) dengan cara melihat bulan yang sesuai dengan bentuk dan derajat tertentu.

One thought on “Jadwal Pasola Sumba 2016

  1. Sumba barat kecamatan wanukaka,adalah salah satu kecamatan wanukaka yang setiap tahun merayakan budaya yg dilakukan di wanukaka,sumba barat. Masyarakat sumba kita harus bangga,karena budaya yang semakin menuju ke setiap pelosok masyarakat lain.
    Sumba adalah tanahku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>